Selasa, 16 Agustus 2011

RPP BARU

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
A. Identitas
Satuan pendidikan : SDN 014 Loa Janan
Kelas / Semester : VI / I
Mata Pelajaran : Matematika / Luas Bangun Datar
Jumlah Pertemuan : 2 x Pertemuan ( 5 Jam Pelajaran )
B. Standar Kompetensi
3.1. Menghitung lua segi banyak sederhana luas lingkaran, dan volume prisma
segitiga.
C. Kompetensi Dasar
3.2. Menghitung luas lingkaran.
D. Indikator Pencapaian Kompetensi
1. Menjelaskan turunan rumus luas lingkarana.
2. Menghitung luas lingkaran.
E. Tujuan Pembelajaran.
- Siswa dapat menjelaskan turunan rumus luas lingkaran.
- Siswa dapat menghitung luas lingkaran.
F. Karakter yang dikembangkan.
Perhatian,Disisplin,Kerjasama,tangung jawab.
G. Materi Ajar.
- Menentukan luas lingkaran.
Tahapan:
a. Buat lingkaran dengan jari-jari r, kemudian bagi lingkaran menjadi bagian-bagian ( Juring ) sebanyak 8, 10 dan 12.
b. Dari bagian-bagian (juring)lingkaran kemudian disusun menjadi bentuk menyerupai jajargenjang.
c. Menyimpulkan bahwa luas lingkaran = Luas jajargenjangsehingga dapat L = x r²
- Menghitung luas lingkaran.


Berapa luas lingkaran disamping ( ambil pendekatan )
Jawab: sesuai hasil pada rumus maka luas lingkaran disebut adalah L = x r².

H. Alokasi Waktu : 5 x 35 menit
- Pertemuan I untuk mencapai indikator 1
- Pertemuan ke II untuk mencapai indikator 2.
I. Metode Pembelajaran
Group Investigation.
J. Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan I ( 2 x 35 menit )
1. Kegiatan Pendahuluan ( 5 menit )
-. Mengucap salam
- Berdo’a
- Menyiapkan diri belajar
- Apersepsi, bagaomana cara menghitung keliling lingkaran ?
2. Kegiatan Inti ( 60 ).
Eksplorasi
a. Guru membagi kelas dalam beberapa kelompok heterogen.
b. Guru menjelaskan maksud pembelajaran menghitung luas lingkaran adalah dapat menurunkan atau menemukan rumus luas lingkaran yaitu dengan membagi lingkaran, kemudian disusun menjadi bentuk menyerupai jajar genjang.
c. Guru memanggil setiap ketua kelompok untuk membuat masing-masing sebuah lingkaran dengan jari-jari r dari karton menjadi bagian-bagian (juring) sebanyak 8, 10, 12, dan 14 ( satu kelompok membuat 1 lingkaran yang diundi oleh guru )
d. Setiap kelompok membuat lingkaran kemudian membagi lingkaran berdasarkan juring-juring dan menempatkan menyerupai jajar genjang. Guru membantu kelompok yang menemui kesulitan.
Elaborasi.
a. Melalui diskusi siswa melakukan demonstrasi didepan kelas, memanjang hasil kerja kelompok.
b. Masing-masing kelompok mengamati bangun datar yang terbentuk dan menemukan rumus lingkaran.
Konfirmasi
a. Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
b. Guru memberikan penjelasan singkat tentang materi yang telah dipelajari
3. Penutup ( 5 menit )
- Dengan membibing guru , siswa dapat membuat kesimpulan
- Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang berhasil menemukanluas lingkaran dengan tepat.
- Evaluasi
K. Penilain
- Teknik Penilaian : Non Tes
- Ragam penialain : Kinerja
- Instrumen penialain

PEDOMAN PENILAIAN
No. Aspek Kriteria Skor
1. Perhatian Sangat perhatian
Cukup perhatian
Kurang perhatian 3
2
1
2. Kerjasama Aktif kerjasama
Cukup aktif
Kurang aktif 3
2
1
3. Disiplin Sangat aktif
Cukup aktif
Kurang aktif 3
2
1
4. Tanggung jawab Baik
Cukup
Kurang 3
2
1
No. Nama Siswa Performan Jumlah Skor
Disiplin Perhatian Kerja sama Keajtifan
1
2
3
4
dst

Pertemuan II ( 3 x 35 menit )
1. Kegiatan pendahuluan ( 5 menit )
- Mengucapkan Salam
- Berdo’a
- Menyampaikan tujuan pembelajaran
- Motivasi
2. Kegiatan Inti ( 20 menit )
Eksplorasi
a. Guru membagi kelas dalam beberapa kelompok heterogen.
b. Guru menjelaskan contoh cara menghitung luas lingkaran jika diketahui jari-jarinya.
c. Guru menjelaskan contoh cara menghitung luas lingkaran jika diketahui diameternya.
Elaborasi.
a. Guru memanggil setiap ketua kelompok untuk menyelesaikan soal luas lingkaran bersama kelompoknya (setiap kelompok 2 soal yang berbeda)
b. Setiap kelompok bekerja sama menyelesaikan soal
c. Melalui perwakilan kelompok membahas soal dipapan tulis
Konfirmasi.
a. Kelompok yang membahas mempersilakan kelompok lain memberi masukan .
b. Guru memberi penjelasan jika diperlukan
3. Penutup ( 5 menit )
a. Guru bersama siswa menyimpulkan materi
b. Evaluasi
Alat / Bahan / Sumber Belajar
- Matematika SD untuk kelas VI Erlangga, 2007
- Modul P 4 TK Yogyakarta, 2009
- Matematika GA , BSE
H. Penilaian ( 15 menit )
Teknik penilaian : Tes
Ragam Penialain : Essay
Instrumen Penilaian
Soal.
Jawablah pertanyaan dibawah ini !

1. Hitunglah luas lingkaran disampinh !



2. Sebuah meja berbentuk lingkaran dengan luas 154 Berapa dm panjang jari-jarinya ?

Tabel Pedoman Penilaian
No. Kriteria Penilaian Skor
1 dan 2 Jika hasil tepat, jelas prosesnya 4
Jika hasil tepat, tetapi prosesnya
Jelas dan benar. 3
Jika hasil tepat, tetapi prosesnya
Tidak jelas dan tidak benar 2
Jika tidak tepat,proses
Tidak benar dan tidak jelas 1
Jika lembar jawaban kosong 0

Nilai siswa = Jumlah skor x 100
Skor Total


Mengetahui Loa Janan, Agustus 2011
Kepala Sekolah Peneliti



Hj. Nor Azizah, S.PdI Junaidin

Tekhnik Membaca.

Tekhnik Membaca.
Efisiensi membaca akan lebih baik, jika informasi yang dibutuhkan sudah ditentukan lebih dahulu. Konsentrasi perhatian dan pikiran dapat diarahkan pada informasi itu. Informasi yang dibutuhkan disebut informasi fokus. Padaumumnya, untuk menemukan informasi fokus dengan efisien ada beberapa teknik membaca yang digunakan,yaitu (1) baca- pilih (selecting),(2) `bac-lompat (skipping),(3) baca-layap(skimming),dan(4) baca-tatap(scanning)(Tampubolon, 1990).
Pada bagian ini akan dibicarakan teknik-teknik tersebut, namun lebih di utamakan (penekanannya) pada pembaca memindai (scanning) dan membaca layap(skimming).
1. Membaca Memindai(Scanning).
Membaca memindai disebut juga.membaca tatap(scanning). Membaca memindai (scanning) ialah membaca sangat cepat. Ketika seseorang membaca memindai,dia akan melampaui banyak kata. Menurut Mikulecky & Jeffries (1998), membaca memindai penting untuk meningkatkan kemampuan membaca.siswa yang menggunakan teknik membaca memindai akan mencari beberapa informasi secepat mungkin. Banyak siswa mencoba membaca setiap kata dari setiap kalimat yang dibacanya. Dengan berlatih membaca memindai, seseorang bisa belajar membaca untuk memahami teks bacaan dengan cara yang lebih cepat.
Membaca memindai umumnya digunakan untuk daftar isi buku atau majalah, indeks dalam dalam buku teks, jadwal,advertensi dalam surat kabar, buku petunjuk telepon, dan kamus. Sebaliknya, membaca memindai tidak digunakan untuk membaca cerita misteri,buku teks untuk suatu kursus yang penting, surat-surat penting dari ahli hukum, denah (peta) untuk menemukan jalan pulang, pertanyaan tes, dan puisi (Mikulecky & Jeffries, 1998).
Daftar isi buku atau majalah selalu terletak pada halaman depan. Daftar isi menceritakan apa yang bisa ditemukan pada setiap bab atau bagian.
a. Membaca Memindai Daftar Isi.
Berikut ini contoh latihan membaca memindai daftar isi. Bacalah setiap pertanyaan, kemudian bacalah dengan cepat daftar isi untuk menemukan jawaban. Kerjakan secepat yang bisa kamu lakukan.
1. beberapa banyak liputan yang ada dalam majalah Bobo?
2. Halaman barapakah acara televisi bisa ditemukan ?
3. apakah dalam majalah ini ditemukan cerita dongeng ?
4. Pada halaman berapakah bisa dibaca tentang Natasha ?

b. Membaca memindai Jadwal Perjalanan.
Membaca memindai (Scanning) suatu jadwal sering dilakukan apabila bepergian. Dengan melihat jadwal perjalanan, orang akan bisa menemukan informasi yang dibutuhkan untuk berpergian. Pada halaman berikut diberikan contoh latihan melihat jadwal suatu perjalanan. Pembelajaran membaca memindai tentang jadwal bisa ditemukan dalam kurikulum2004 Mata Pelajaran Bahasa Indonesiauntuk kelas V. kompetensi dasaryang harus dimiliki siswa, yaitu Membaca Memindai dan hasil belajar yang diharapkan ialah Menemukan informasi secara cepat dari berbagai teks khusus, serta indikator pencapaian hasil belajar ialah(1)menemukan secara tepat informasi yang diminta oleh guru dan temanmu, (2) menjelaskan jadwal dalam bentuk uraian.
Berikut ini contoh latihan membaca memindai untuk mendapatkan informasi tentang perjalanan (informasi tentang biaya tiket dan jadwal perjalanan). Baca jadwal perjalanan dari jakarta dibawah ini dengan cepat untuk menjawab pertanyaan berikut. Kerjakan dengan cepat.
1. Biro perjalanan yang mana yang akan kamu pilih kalau berangkat dari jakarta dengan biaya yang lebih murah.
2. Biro perjalanan mana yang akan kamu hubungi apabila kamu butuh sewaktu-waktu berangkat dari jakarta.
3. Bisakah kamu beli tiket dari hari sabtu dari biro perjalanan Fiera Tour ?
4. Kalau kamu menginginkan tikat diantar kerumah, biro perjalanan manakah yang bisa dihubungi ?
5. Bisakah harga tiket dibayar dengan rupuah kalau ingin pergi ke Kunhing ?
6. Pukul berapakah kamu harus berada diterminal bandara kalau kamu ingin kepalembang dengan pesawat kedua ? (kamu harus melapor 1 jam berangkat)
7. Apakah yang terjadi kalau ayahmu tidak mendapat tiket pukul 11.05, sedangkan seminar di Yogyakarta dimulai pukul 16.00 ?
c. Membaca Memindai Iklan.
Surat kabar sering mempunyai bagian yang disebut iklan, yang diklasifikasikan berdasarkan apa yang diiklankan. Pada bagian surat kabar ini, orang bisa menemukan barang-barang yang akan dibeli,dijual, atau disewakan.
Dalam Kurikulum Bahasa Indonesia tahun 2004 untuk kelas V, membaca iklan merupakan salah satu kompetensi dasar dari membaca intensif. Hasil belajar yang diharapkan bisa dimiliki siswa ialah membaca beberapa iklan mini, sedangkan indikator keberhasilan belajar ialah (1) menafsirkan untuk siapa iklan itu, (2) menyimpulkan tentang apa yang diiklankan,(3) menulis isi iklan kedalam beberap kalimat.
Berikut ini contoh latihan membaca memindai untuk mendapatkan informasi tentang penjualan rumah di Padang dan Bukittinggi.
Terdapat beberap iklan tentang jual beli rumah. Bacalah iklan tersebut dengan cepat, kemudian jawablah pertanyaan berikut dengan cepat.
1. Kalau kamu ingin membeli rumah yang dekat dengan supermarket, telepon mana yang harus dihubungi?
2. Telepon mana yang harus kamu hubungi kalau kamu ingin menetap di Bukittinggi dengan fasilitas lengkap seperti tersedianya tempat khusus untuk beribadah.
3. Orang tuamu baru saja pindah kerja dari Jakarta ke Padang, sedangkan dananya terbatas untuk membeli rumah. Nomor telepon manakah yang kamu sarankan untuk dihubungi ? Dan seterusnya.
4. Kalau orang tuamu ingin membuka suatu toko di Bukittinggi, telepon mana yang tepat dihubungi? Dan seterusnya.
5. Tuliskan kembali dengan kata-kata sendiri salah satu iklan yang kamu pilih sendiri.
d. Membaca Memindai Petunjuk Pemakaian Obat, Pupuk, Alat Rumah Tangga, dan Sebagainya.
Membaca memindai petunjuk penggunaan obat, pupuk,alat rumah tangga, dan sebagainya merupakan bagian dari membaca memindai. Dalam kurikulum Bahasa Indonesia SD tahun 2004 untuk kelas VI, ditemukan kompetensi dasar yang berbunyi Membaca memindai, dengan hasil belajarnya, menjelaskan isi petunjuk pemakaian dari hasil membaca. Sedangkan indikator tercapai atau tidaknya suatu kompetensi dasar mencakup (1) menjelaskan urutan petunjuk penggunaan obat, pupuk, alat rumah tangga, dan sebagainya, (2) menjawab pertanyaan tentang isi petunjuk, (3) menyampaikan isi petunjuk kepada teman.
Berikut ini contoh petunjuk penggunaan obat. Bacalah dengan cepat, kemudian tuliskan dengan kalimatmu sendiri urutan penggunaan obat. Bacakanlah tulisanmu kepada teman sebangkumu atau ke depan kelas. Kemudian jawablah pertanyaan berikut !
1. Kepada siapakah obat Zetamol tidak boleh diberikan ? Kalimat mana yang menyatakan demikian ?
2. Berapa sendokkah sirop Zetamol diberikan kepada anak usia 9 bulan?
3. Bolehkah obat ini disimpan di tempat yang banyak kena sinar matahari?
4. Bolehkah anak usia 11 tahun diberikan dua tablet sekali minum?
5. Bolehkah obat ini diminum oleh penderita sakit mag?
6. Jelaskan kepada teman sebangkumu bagaimana cara menggunakan obat Zetamol!
e. Membaca Memindai kamus dan Buku Petunjuk Telepon
Kegiatan awal membaca kamus ialah pengabjadan mencari kata dasar dari kata imbuhan. Kegiatan ini perlu dilakukan sebelum membaca kamus. Kata-kata yang terdapat dalam kamus diurut berdasarkan urutan abjad dari kata dasar. Kesalahan dalam menentukan kata dasar akan menyulitkan mencari arti suatu kata dalam kamus.
Pembelajaran membaca memindai untuk mencari kata dalam kamus sedeikit berbeda dengan mencari nomor telepon seseorang dalam buku petunjuk telepon. Pada pembelejaran memindai melihat kamus, siswa dilatih menyusun kata berdasarkan urutan abjad kata dasarnya; sedangkan mencari nomor telepon seseorang, misalnya siswa dilatih menyusun nama teman sekelasnya berdasarkan abjad.
Secara lebih rinci berikut ini dijelaskan langkah-langkah menbaca kamus dengan teknik scanning.
1. Siswa mencari kata-kata sulit ditemukan dalam satu teks bacaan.
2. Siswa menentukan kata-kata yng merupakan kata dasar atau kata berimbuhan.
3. Siswa menganalisis kata berimbuhan menjadi kata dasar yang merupakan salah satu kunci menemukan arti dalam kamus. Ada beberapa kata yang tidak mudah mencari kata dasarnya. Misalnya, Kata” mengecek” yaitu “cek”, ecek-ecek”,dan “kecek”.
4. kemudian siswa mengadakan eksplorasi dengan mencari arti kata mengecek dengan mencari pada kata dasar yang diawali dengan huruf “k”.
5. Langkah berikutnya siswa menetapkan arti kata yang paling tepat dan sesuai dengan konteks kalimat.
2. Membaca Layap (Skimming)
Membaca layap (skimming) ialah membaca dengan cepat untuk mengetahui isi umum atau bagian suatu bacaan. Membaca dengan cepat sering dibutuhkan ketika sedang membaca. Umumnya tidak semua informasi ingin diketahui dan diingat. Kalau kita hanya ingin menemukan sesutu tentang buku atau artikel, kita bisa melakukannya dengan membaca layap.
Seseorang membaca layap jika ingin membaca artikel di surat kabar dan majalah, kulit buku ditoko buku (dilakukan untuk membeli buku), dan buku-buku pustaka (seseorang bisa menemukannya jika pustaka tersebut mempunyai informasi yang dibutuhkan).
Membaca layap dibutuhkan untuk mengetahui, sudut pandang penulis tentang sesuatu, menemukan pola organisasi paragraf, dan menemukan gagasan umum dengan cepat (Mikulecky&Jeffries, 1998).
Dalam Kurikulum Bahasa Indonesia tahun 2004 membaca layap ditemukan untuk setiap kelas, kecuali keas III. Berikut ini akan diberikan contoh membaca layap sesuai dengan tingkatan kelas dan teknik membaca layap yang digunakan.
a. Membaca Layap Untuk Mengetahui Sudut Pandang Penulis.
Membaca layap untuk mengetahui sudut pandang penulis dapat ditemukan dari Kurikulum Bahasa Indonesia tahun 2004 untuk kelas VI. Kompetensi dasarnya, membaca sekilas dengan hasil belajar yang diharapkan Membaca Sekilas Informasi dalam kolom khusus majalah anak atau buletin anak. Sedangkan salah satu indikatornya ialah memberikan tanggapan terhadap pemikiran penulis dalam bentuk pertanyaan atau saran.








Senin, 01 Agustus 2011


Sewaktu brosing di internet atau berkunjung ke blog lain, tiba-tiba ada lagu dari sebuah mp3 musik yang di pasang di blog sedang mengalun memperdengarkan lagu popular. Kira-kira bagaimana ya cara pasang Mp3 music di blog seperti itu?

Caranya mudah dan gratis Anda tidak perlu susah-susah download dulu mp3 kemudian Anda uploadkan ke blog Anda. Cukup dengan beberapa langkah mp3 musik sudah terpasang di blog Anda. Ikuti langkah-langkah berikut ini:

1. Kunjungi situs ini http://www.divine-music.info

2. Perhatikan pada sidebar kiri, pilih jenis musik atau lagu yang ingin Anda pasang, ada bebeberapa pilihan: Country Music, Hip Hop, Pop, Heavy Rock/Metal, R & B , Techno/Dance , Browse All

3. Misalnya, Pop. Kemudia akan keluar deretan penyanyi pop yang bisa Anda pilih.

4. Misalnya, pilih Britney Spears.

5. Akan keluar deretan lagu Brietney Spears beserta html code dalam kotak.

6. Copy html Code yang Anda sukai, lalu simpan sementara di notepad.

7. Masuk ke Dashboard blog Anda.

8. Klik menu tata letak.

9. Klik link add gadget atau tambah gadget.

10. Pilih html/java script.

11. Paste html code lagu tadi, lalu save.

Selesai, sekarang setiap kali pengunjung dating ke blog Anda lagu Britney Spears akan terdengar. Selamat mencoba.

MEMBUAT ACESORIS BLOG



Konon, blog itu berjenis kelamin perempuan. Dan, karena itu, perlu dihiasi dg aksesoris supaya selalu tampak cantik dan dapat menarik hati kaum blogger (yg ini berjenis laki-laki).

Berikut sejumlah "perhiasan" blog yg dapat dipasang di blog Anda yg berfungsi tidak hanya sebagai perhiasan tapi juga untuk menarik hati kaum blogger (baca, pengunjung) dan search engine. Sekali lagi perlu diingat, aksesoris ini hanya dapat dipasang pada blog yg templatenya dapat diedit seperti blogspot.com, blogdrive.com plus blog yg domain/hostingnya beli sendiri, tentunya.

1. Bukutamu

Bukutamu blog disebut juga dg shoutbox atau tagboard. Sama dg bukutamu website, tapi bentuknya lebih sederhana. Banyak situs penyedia bukutamu blog gratis yg bisa Anda cari di google dg kata kunci shoutbox atau tagboard. http://shoutmix.com termasuk penyedia bukutamu blog yg disukai yg servernya cukup stabil.

Caranya:
(a) Daftar di alamat di atas, ikuti semua perintahnya; (b) Setelah selesai, log-in dg id dan password yg sudah terdaftar; (c) Klik menu "Code Generator"; (d) Pilih Full-frame shoutbox; (e) Klik "Generate the Code"; (f) Copy kode HTML yg ada, dan masukkan ke template blog Anda di bagian Sidebar; (g) Klik SAVE SETTING & REPUBLISH. Selesai.

Fungsi dari bukutamu blog ini seperti yg Anda tahu untuk membuat interaksi pemilik blog (blogger) dg pengunjung lebih aktif dan menunjukkan bahwa kita orangnya cukup accessible.

2. Statistic dan Tracker

Berfungsi untuk mengetahui berapa pengunjung yg datang setiap harinya, setiap minggu, dan bulan dan dari negara mana saja. Selain itu, ia memberi tahu kita lewat mana pengunjung itu datang: lewat pencarian di google atau via blog/situs lain yg memasang link blog kita. Statistic/tracker gratis yg paling terkenal ada dua Sitemeter dan Extreme Tracking. Klik link berikut untuk mendaftar: (a) http://www.sitemeter.com/?a=newaccount (b) http://www.extreme-dm.com/tracking/?reg Setelah daftar, login dan masukkan kode HTML-nya di blog Anda.

3. Kamus Online

Kalau blog Anda berbahasa Inggris, Anda bisa memasang Kamus Indonesia-Inggris dan Inggris-Indonesia di blog Anda supaya pengunjung Indonesia yg lagi belajar bahasa Inggris bisa betah nongkrong. Kode HTML-nya bisa diambil di http://kamus.net

4. Jadual Shalat

Bagi blogger Muslim, www.islamicfinder.org menyediakan jadual shalat lima waktu yg bisa ditempel di blog. Anda bisa pilih berdasarkan kota dan negara. Silahkan ambil kodenya di link berikut: http://www.islamicfinder.org/index.php?inl_language= Lihat contohnya di sini

6. Jam Dinding

Tidak cukup dg jam tangan dan jam di HP atau Anda merasa dinding blog Anda perlu dipasang jam? Silahkan pilih di http://clicklink.com dan ambil kodenya. Lihat contohnya di sini.

7. Peta Kampung Kita

Bagi yg ingin melihat nama dan peta kampung kelahiran nempel di blog, silahkan daftar di http://feedmap.net

Caranya,
(a) masuk ke http://feedmap.net; (b) Klik "Explore Blog", akan muncul peta dunia; (c) Pilih negara Indonesia dg cara klik kanan secara terus menerus mouse komputer Anda dan geser/putar peta dunia tsb. ke kanan/kiri sampai ketemu peta Indonesia. (d) Setelah peta Indonesia ditemukan, perbesar fokus peta dg cara mengklik 2x secara berulang-ulang; (e) Pilih kawasan atau propinsi yg paling dekat dg kampung kelahiran Anda, dan perbesar fokus peta dg mengklik berkali-kali sampai tidak dapat diperbesar lagi; (f) Setelah nama kampung kelahiran atau kota terdekat dari kampung kita tampak, arahkan panah mouse ke kota tsb dan klik kanan mouse; (g) Akan tampil menu "Add Blog", klik menu ini; (h) Akan muncul kotak, isi alamat blog Anda. Contoh, http://kolom-mario.blogspot.com (jangan lupa pake awalan http://; (i) Klik submit; (j) Apabila berhasil, maka akan muncul tulisan: Thank You! Di bawahnya ada tiga kotak yg berisi kode html untuk BLOGMAP, NEIGHBLOGMAP BUTTON, dan LOCAL BLOGROLL. Copy ketiga kode HTML tsb. dan paste di sidebar blog Anda; (k) Selesai. Lihat contoh petanya di sini. (Mario Gagho http://kolom-mario.blogspot.com)