Selasa, 16 Agustus 2011

RPP BARU

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
A. Identitas
Satuan pendidikan : SDN 014 Loa Janan
Kelas / Semester : VI / I
Mata Pelajaran : Matematika / Luas Bangun Datar
Jumlah Pertemuan : 2 x Pertemuan ( 5 Jam Pelajaran )
B. Standar Kompetensi
3.1. Menghitung lua segi banyak sederhana luas lingkaran, dan volume prisma
segitiga.
C. Kompetensi Dasar
3.2. Menghitung luas lingkaran.
D. Indikator Pencapaian Kompetensi
1. Menjelaskan turunan rumus luas lingkarana.
2. Menghitung luas lingkaran.
E. Tujuan Pembelajaran.
- Siswa dapat menjelaskan turunan rumus luas lingkaran.
- Siswa dapat menghitung luas lingkaran.
F. Karakter yang dikembangkan.
Perhatian,Disisplin,Kerjasama,tangung jawab.
G. Materi Ajar.
- Menentukan luas lingkaran.
Tahapan:
a. Buat lingkaran dengan jari-jari r, kemudian bagi lingkaran menjadi bagian-bagian ( Juring ) sebanyak 8, 10 dan 12.
b. Dari bagian-bagian (juring)lingkaran kemudian disusun menjadi bentuk menyerupai jajargenjang.
c. Menyimpulkan bahwa luas lingkaran = Luas jajargenjangsehingga dapat L = x r²
- Menghitung luas lingkaran.


Berapa luas lingkaran disamping ( ambil pendekatan )
Jawab: sesuai hasil pada rumus maka luas lingkaran disebut adalah L = x r².

H. Alokasi Waktu : 5 x 35 menit
- Pertemuan I untuk mencapai indikator 1
- Pertemuan ke II untuk mencapai indikator 2.
I. Metode Pembelajaran
Group Investigation.
J. Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan I ( 2 x 35 menit )
1. Kegiatan Pendahuluan ( 5 menit )
-. Mengucap salam
- Berdo’a
- Menyiapkan diri belajar
- Apersepsi, bagaomana cara menghitung keliling lingkaran ?
2. Kegiatan Inti ( 60 ).
Eksplorasi
a. Guru membagi kelas dalam beberapa kelompok heterogen.
b. Guru menjelaskan maksud pembelajaran menghitung luas lingkaran adalah dapat menurunkan atau menemukan rumus luas lingkaran yaitu dengan membagi lingkaran, kemudian disusun menjadi bentuk menyerupai jajar genjang.
c. Guru memanggil setiap ketua kelompok untuk membuat masing-masing sebuah lingkaran dengan jari-jari r dari karton menjadi bagian-bagian (juring) sebanyak 8, 10, 12, dan 14 ( satu kelompok membuat 1 lingkaran yang diundi oleh guru )
d. Setiap kelompok membuat lingkaran kemudian membagi lingkaran berdasarkan juring-juring dan menempatkan menyerupai jajar genjang. Guru membantu kelompok yang menemui kesulitan.
Elaborasi.
a. Melalui diskusi siswa melakukan demonstrasi didepan kelas, memanjang hasil kerja kelompok.
b. Masing-masing kelompok mengamati bangun datar yang terbentuk dan menemukan rumus lingkaran.
Konfirmasi
a. Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
b. Guru memberikan penjelasan singkat tentang materi yang telah dipelajari
3. Penutup ( 5 menit )
- Dengan membibing guru , siswa dapat membuat kesimpulan
- Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang berhasil menemukanluas lingkaran dengan tepat.
- Evaluasi
K. Penilain
- Teknik Penilaian : Non Tes
- Ragam penialain : Kinerja
- Instrumen penialain

PEDOMAN PENILAIAN
No. Aspek Kriteria Skor
1. Perhatian Sangat perhatian
Cukup perhatian
Kurang perhatian 3
2
1
2. Kerjasama Aktif kerjasama
Cukup aktif
Kurang aktif 3
2
1
3. Disiplin Sangat aktif
Cukup aktif
Kurang aktif 3
2
1
4. Tanggung jawab Baik
Cukup
Kurang 3
2
1
No. Nama Siswa Performan Jumlah Skor
Disiplin Perhatian Kerja sama Keajtifan
1
2
3
4
dst

Pertemuan II ( 3 x 35 menit )
1. Kegiatan pendahuluan ( 5 menit )
- Mengucapkan Salam
- Berdo’a
- Menyampaikan tujuan pembelajaran
- Motivasi
2. Kegiatan Inti ( 20 menit )
Eksplorasi
a. Guru membagi kelas dalam beberapa kelompok heterogen.
b. Guru menjelaskan contoh cara menghitung luas lingkaran jika diketahui jari-jarinya.
c. Guru menjelaskan contoh cara menghitung luas lingkaran jika diketahui diameternya.
Elaborasi.
a. Guru memanggil setiap ketua kelompok untuk menyelesaikan soal luas lingkaran bersama kelompoknya (setiap kelompok 2 soal yang berbeda)
b. Setiap kelompok bekerja sama menyelesaikan soal
c. Melalui perwakilan kelompok membahas soal dipapan tulis
Konfirmasi.
a. Kelompok yang membahas mempersilakan kelompok lain memberi masukan .
b. Guru memberi penjelasan jika diperlukan
3. Penutup ( 5 menit )
a. Guru bersama siswa menyimpulkan materi
b. Evaluasi
Alat / Bahan / Sumber Belajar
- Matematika SD untuk kelas VI Erlangga, 2007
- Modul P 4 TK Yogyakarta, 2009
- Matematika GA , BSE
H. Penilaian ( 15 menit )
Teknik penilaian : Tes
Ragam Penialain : Essay
Instrumen Penilaian
Soal.
Jawablah pertanyaan dibawah ini !

1. Hitunglah luas lingkaran disampinh !



2. Sebuah meja berbentuk lingkaran dengan luas 154 Berapa dm panjang jari-jarinya ?

Tabel Pedoman Penilaian
No. Kriteria Penilaian Skor
1 dan 2 Jika hasil tepat, jelas prosesnya 4
Jika hasil tepat, tetapi prosesnya
Jelas dan benar. 3
Jika hasil tepat, tetapi prosesnya
Tidak jelas dan tidak benar 2
Jika tidak tepat,proses
Tidak benar dan tidak jelas 1
Jika lembar jawaban kosong 0

Nilai siswa = Jumlah skor x 100
Skor Total


Mengetahui Loa Janan, Agustus 2011
Kepala Sekolah Peneliti



Hj. Nor Azizah, S.PdI Junaidin

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar